Kamis, 13 Oktober 2011

TEKNOLOGI HIJAU

Greenwheel : inovasi sepeda ala MIT

Greenwheel : inovasi sepeda ala MIT
Untuk menjadi "hijau" bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengendarai sepeda kemanapun Anda bepergian, baik ke tempat kerja, ke kampus, ataupun hanya sekedar menghabiskan waktu luang sekaligus berolah raga.


Tentunya, sama seperti kendaraan bermotor lainnya, ban sepeda juga perlu diganti dalam jangka waktu tertentu. Tidak hanya demi kenyamanan, tetapi juga keamanan. Tetapi sebelum Anda mengganti dengan ban baru, mungkin Anda bisa mempertimbangkan inovasi ban sepeda yang dibuat oleh tim peneliti dari MIT.


Greenwheel, demikian nama prototip sepeda yang dikembangkan tim tersebut. Mirip sepeda listrik, hanya saja inovasi lebih difokuskan pada bos sepeda. Bos tersebut didesain sebagai generator yang akan menghasilkan arus yang bisa disimpan dalam sebuah baterai.greenwheel


Menurut Ryan Chin dan Michael Chia-Lian Lin, prototip tersebut merupakan satu bagian dari Smart Cities Programs, suatu program yang menerapkan teknologi baru dengan efisiensi energi serta berkesinambungan pada komunitas masyarakat perkotaan.


Setiap kayuhan kaki akan mengalirkan arus ke dalam baterai. Untuk memperingan kayuhan kaki, digunakan juga perseneling seperti pada kendaraan bermotor lainnya. Jika kayuhan Anda bisa mengisi penuh baterai yang ada, maka Anda tidak perlu lagi mengayuh sejauh kurang lebih 42 km. Tetapi jika Anda enggan mengayuhnya, karena untuk mengisi penuh baterai mungkin Anda harus menghabiskan tenaga yang banyak, Anda juga bisa langsung menghubungkannya dengan stop kontak listrik yang ada di rumah.

1 komentar:

► Silahkan di comeng...
► Silahkan mengkritik, tapi dengan bahasa yang sopan.
► No spam, no sara, & no ngece Yaa... !!!


╚══▓▒░► ▄╘IVAN╛▄ ◄░▒▓══╝

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ivan Lionel Andreas Fathurrohman | Bloggerized by Ivan - Blogger | Pancoer Cyber