Sabtu, 31 Maret 2012

Berkenalan dengan HTML



Dengan HTML anda dapat membangun website atau blog dengan tangan anda sendiri, dengan HTML anda dapat memperindah tulisan pada posting blog anda, dengan HTML kita dapat lebih mudah mempelajari ilmu SEO dan dengan HTML website website besar di bangun,

Sobat, Saya mencoba mengingat kembali sesuatu yang pernah saya pelajari dan mencoba mengenalkannya untuk anda yang masih awam tentang dunia web. Apa, seperti apa, bagiamana dan jadi apa. Beberapa pertanyaan yang dulu sempat membuat saya penasaran, dan akan sedikit saya jelaskan dalam posting ini.

Penjelasan mengenai html di bawah, secara garis besar merefer ke w3schools. So bagi yang ingin mempelajari lebih jauh, bisa anda temukan referensi yang cukup banyak disitu. Saya hanya membahas html yang sangat dasar, dan dipeuntukkan bagi mereka yang bener-bener awam tentang html. Semoga dapat mencerahkan bagi yang sedang kegelapan http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/66.gif

Apa itu HTML ?

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Sebenarnya HTML hanyalah bahasa penanda (markup language) dan bukan termasuk bahasa pemrograman, hanya sebatas kode penanda untuk menunjukkan kalo tulisan ini biru, ini loh area yang diisi gambar etc.

Seperti lazimnya markup language yang lain, html juga dibekali oleh seperangkat tag markup, contohnya seperti <h1></h1>. Tag tag inilah yang yang digunakan html untuk mendeskripsikan halaman web seperti yang anda lihat sekarang.

HTML Tags
 
HTML sebenarnya sangat mudah dipahami, tidak perlu dipusingkan dengan logika yang ribet, tidak perlu juga bergumul dengan variable, array, else if, dll seperti kita mempelajari bahasa pemrograman semacam PHP atau C++. Kita hanya cukup mengerti tentang Tag markup html atau biasa disebut tag html saja.

Tag tag html merupakan sebuah keywords yang sudah ditentukan dan dikurung oleh tanda < dan > . contoh tag <html> . Tag html hampir selalu berpasangan, ada tag pembuka dan tag penutup contohnya seperti ini <b> dan </b> . Jadi kalo di awal kita membuat tag pembuka <b> harus ditutup dengan tag penutup ini </b>

Bijimane? mudah kan?. yuk lanjut
Dokumen HTML = Halaman Web

Apaan nih maksudny? Maksudnya adalah jika anda ingin membuat halaman web dengan html maka anda harus merancang dokumen html-nya. Dokumen html ini berisi tag tag html dan teks biasa, jika dokumen html ini dibuka oleh browser seperti firefox atau chrome maka yang muncul adalah halaman web yang tidak lagi memunculkan tag tag html. Inilah tugas browser yaitu mendeskripsikan tag tag html dan menampilkannya sebagai halaman web seperti yang sedang anda lihat. Browser tidak menampilkan tag HTML, tetapi menggunakan tag untuk menafsirkan isi dari halaman web.

Anda juga dapat mengintip tag tag html yang ada pada halaman ini dengan cara klik kanan "View Page Source" pada firefox dan "lihat sumber laman" pada chrome atau bisa juga dengan shortcut Ctrl + U. 

Secara umum dokumen html berisi tag seperti ini:


Penjelasan dari tag tag di atas:
  • Teks di antara <html> dan </ html> menjelaskan halaman web, setiap halaman web selalu menyertakan tag ini. Tag ini semacam tag induk yang hampir selalu ada pada setiap dokumen html, tag ini pula yang menandai kalo semua tulisan yang tercakup dalam tag tersebut adalah dokumen html.
  • Teks di antara <body> dan </ body> adalah isi halaman yang terlihat. Anda dapat mengisi gambar, tulisan maupun tabel disini.
  • Teks di antara <h1> dan </ h1> ditampilkan sebagai judul
  • Teks di antara <p> dan </ p> ditampilkan sebagai sebuah paragraf.
Dalam belajar pengkodean seperti ini, baik bahasa pemrograman (ex: php) maupun yang hanya berupa bahasa markup seperti html ini, Saya selalu menekankan pada diri saya sendiri untuk selalu ingat pada 4 rumus P3I (Pelajari, Praktek, Praktek, dan Improvisasi). So untuk memantapkan belajar kita tentang html dasar ini, silahkan ketik ulang (jangan dicopas ya, nanti anda akan tahu perbedaannya) tag tag html yang ada pada text area di atas menggunakan notepad. Setelah itu anda simpan dengan ekstensi .html jangan lupa setting save as type: All files (*.*) contoh: latihanku.html, kemudian buka dengan firefox. coba lihat hasilnya.
 Sekian tutorial pengenalan html dasar kali ini, smoga bermanfaat...


8 komentar:

  1. follow sukses #7 kang nice posting kang

    BalasHapus
  2. sip kang memang sangat perlu nih , ane maish minim masalah ginian.. hehehe

    makasih kang


    OOT : sudah ane follow back :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbenernya sya jg masih newbie banget soal yg bginian, hehe... ok makasih... :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ilmunya bermanfaat... tertarik buat aku baca...
    makasi udah sharee.. kept update!

    BalasHapus
  5. yap, sama sama mba Susan lolo Bua..
    makasih sdh sempat mampir disini...
    :)

    BalasHapus
  6. saya kurang tau sejak ada maintenance dr pihak google beberapa hari yang lalu, kode body pada template saya hilang, padahal saya tidak edit sama sekali,

    BalasHapus

► Silahkan di comeng...
► Silahkan mengkritik, tapi dengan bahasa yang sopan.
► No spam, no sara, & no ngece Yaa... !!!


╚══▓▒░► ▄╘IVAN╛▄ ◄░▒▓══╝

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ivan Lionel Andreas Fathurrohman | Bloggerized by Ivan - Blogger | Pancoer Cyber