Sabtu, 19 Mei 2012

Sepeda Fixie

Mungkin sebagian dari Sobat² udah pada tau atau udah pernah denger Sepeda Fixie, kalo Saya sih jujur aja baru tau sepeda fixie belum lama ini karna tiap sore Saya sering liat di komplek deket rumah banyak anak² yg make sepeda tapi bannya gede trus warnanya ngejreng. Kemudian Saya cari tau namanya sepeda apa, ternyata sepeda fixie... (8maaf sedikit Katro... :D)
Yaps,beberapa waktu belakangan ini,sepeda fixie emang bener² lagi ngehype baget di kalangan para anak² muda sekarang (*apaan tuh ngehype? tau ah... :P). Jangan ditanya alasannya apa itu cuman lifestyle semata atau emang mereka doyan sama sepeda yang simple². Yang jelas perlahan tapi pasti sepeda fixie mulai terdengar gaungnya di permukaan.

Disebut Sepeda Fixie karena fixed gear. Artinya, gear belakangnya itu fixed, nggak dinamis. Jadi kita nggak bisa ngegowes lepas ke belakang. Kalo ngegowes ke belakang,yang ada sepedanya jadi jalan mundur, inilah letak keunikannya disamping nggak ada rem. Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis desain menjadi ciri sepeda single speed ini. Remnya adalah kekuatan kaki kita untuk menahan pedal yang selalu berputar ke depan.

kalo Sobat punya budget yg berlebih, Sobat bisa beli jadi sepeda fixie, itung² menghemat waktu dan tenaga.
Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.

Tapi kalo Sobat emang pengen dapetin sepeda yg bener² pas dihati, Sobat bisa merakit sendiri biarpun jauh lebih repot dari beli jadi, yang penting hati puas.
Caranya,beli dari rangka kosong sudah banyak dijual,atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri atau bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C.Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.
Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyanggah roda belakang yang ada.

Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.

Bila sepeda lama sobat ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang.
tapi kalo masih bingung untuk memodifikasinya, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda sobat bisa dipakai untuk Fixie atau tidak.


Mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga akan terlihat lebih matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 - 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, ban tanpa merek bisa dibeli hanya seharga puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal harganya bisa melambung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.
Salah satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork/garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya menggunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu.
Ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang tren adalah velg lebar.
Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan roda belakang dengan merek yang berkualitas.


Namanya sepeda kalangan muda,tidak terikat dengan pabrikan atau merek. Semua suka-suka,dan dikabarkan dari mulut ke mulut atau melalui komunitas Fixie. Hunting komponen merupakan ritual dari komunitas sepeda Fixie. Salah satu sparepart yang suka dicari seperti Crank merek Sugino 48 gigi,hanya dijual 250 ribu. Crank tersebut banyak dipakai oleh pencinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena dibuat dengan bahan aluminium. Yang lain dapat mengunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya mengunakan ring utama saja.



Semoga Bermanfaat... :)


 

72 komentar:

  1. . . punya aq jelek. cz biasa aja. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . yachhhhhh,, masa beli fixie lagi?!? itu aja gak pernah dipake. he..86x . .

      Hapus
  2. Wah... Tempatku jalannya naik turun. Kalau pake sepeda kaya gini bisa mati kali ya. hehehe. Soalnya kalau kaki udah terpeleset sudah tidak tertolong lagi soalnya remnya tidak ada. Jadi ya sekarang pake yang ngasih makanan bensin saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, emang tinggalnya digunung ya sob...??

      hahah... :D

      Hapus
  3. waduuh mas.. lengkap deh.. :D :D

    BalasHapus
  4. Lengkap banget nih tulisannya dari mulai pengenalan hingga saran2-nya, musti belajar nulis disini nih. ngomong2, baru tau juga nih sob tentang fixie hehe

    BalasHapus
  5. haha..ivan pecinta sepeda ya??

    BalasHapus
  6. ga kuat beli sepeda yang kaya gtu hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, beli yg bekas juga bisa... kalo mau... :D

      Hapus
  7. aduh jadi keingat ama niat kemarin belum kesampaian..
    Nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang niat apaan yang belum kesampean sob...??

      Hapus
  8. jd itu yg namax fixie...., ko mirip sepeda balap.?? atwkah emank itu sepeda balap cuma yg dimodif ya..?? thx infox ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekilan memang mirip mas, bedanya cuma di stang sama gear... :)

      Hapus
  9. wakakakaka..
    gue juge gak mudeng noh sob.. gue pribadi malah agak males liat sepeda gitu .. entah kenapa ..
    eniwei, makasih udah share :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sukanya speda nyang kaya gimana???

      ok, sama²... :)

      Hapus
  10. Pengenalan tentang sepeda fixie yang lengkap sob, saya juga baru tahu sepeda fixie ini hahay...cuma tahu namanya aja ma bentuknya yang tidak secara detail, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahay, bcanda nih kang arman...
      kayanya dah lebih tau dari saya deh soal speda ginian... :D

      Hapus
  11. Aku ada tuh speda fixie tapi bukan punyaku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahaha... bisa aja anda Bung...!! :D

      Hapus
  12. penah dengar speda fixie tapi disini kami panggil basikal fixie.
    adik k.nita sering minta dibeli basikal fixie tapi k.nita buat tak dengar hehehe...
    baru tahu ni, mengenai speda fixie.. :p
    thanks 4 ur information ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. knapa adiknya tak dibelikan basikal tu K...??
      pasti minta sampe nangis ya...?? :D

      sama²... :)

      Hapus
  13. Semenjak munculnya sepeda fixie, makin banyak orang yg suka gowes (olahraga sepeda). Karena skr bersepeda sudah bukan menjadi kendaraan katro lagi. Harga sepedapun bisa mencapai jutaan, bahkan ada yg harganya mengalahkan motor legenda.

    Ya makin banyak yg bersepeda, otomatis polusi udara bisa sedikit terkurangi. Apalagi kalao di salah satu jalan utama taman bungkul surabaya, setiap 06.00-10.00 menjadi kawasan bebas asap. Jadi semuanya kalau ga bersepeda ya jalan kaki. Kalau saya sih gak punya fixie, jadi make sepeda lama federal saja hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas betul sekali... bahkan dikota² banyak anak² muda yang lebih memilih sepeda daripada motor... :)

      wah, pasti asik ya mas kalo bisa jalan²disitu... pake sepeda apapun nggak masalah mas, yang penting kan bebas dari polusi... :)

      Hapus
  14. makasih infonya. kebetulan rencana mau beli fixie

    BalasHapus
  15. niceinfo gan

    kunjungan balik ya??

    BalasHapus
  16. warna warni ya si fiksi ini ya gan. ehm... mantap, kalau fix gitu bukanya ga cape? aku belum pernah nyoba si... tapi menarik seprtinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cape sih, tapi asik lho ...
      buruan cobaa... :D :D

      Hapus
    2. nyoba di mana gan, ga ada yang punya nie. pinjem dong. boleh?

      Hapus
    3. hehe, ane pinjemin sepeda onthel mau nggak?? :D XD

      Hapus
  17. saya juga menggunakan fixie setiap hari, hanya saja kemarin ngerakitnya cuma habis 500rb, framenya udah punya soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bagus kalo gitu sob...
      ngirit Budget juga... :D

      Hapus
  18. huaaa....
    #Ngiler..

    aku gak punya fixie . XD

    BalasHapus
  19. wah makasih ya lengkap banget

    BalasHapus
  20. Hadirr kembali sob, menyambung silaturahmi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari² masuk, silahkan duduk sob... :D :)

      Hapus
  21. Wah baru tau juga saya. hehehe
    Slm kenal sob

    BalasHapus
  22. gue pengen punya sepeda ini dri dulu tapi gak kesampean :D sepeda nya enak di liat,ramping xixixi cocok untuk santai keliling perumahan kwkwkwk -.- :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk juga deh.. :D :P

      mending beli speda onthel... mirip sama fixie kan..?
      XD

      Hapus
  23. jalan2 siang gan.., sambil nyari2 postingan baru.. *smile

    BalasHapus
  24. kalau dulu sich sudah ada type sepeda seperti ini..cuman belum ber-gaya seperti sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya masbro... makin kesini kan makin digemari.
      :)

      Hapus
  25. wew, gue gak hobi naik sepeda, apalagi ngerakit fixie. haha, infonya menarik.

    btw, nama gue ganti lu jangan bingung ini siapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue tau, orang hobimu ngelonin gitar mulu... :D XDD

      siapa yah...?? haha

      Hapus
  26. waduuhh saya kagak punya sob.....

    tapi makasih deh infonya..

    BalasHapus
  27. hehe.. aku gak punya jadi sampe sekarang gatau rasanya..
    hei, aku suka tulisan kamu, rapih XD
    udah gitu rinci bangeett.. jadi pingin -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa? wah kalo itu saya juga nggak tau. kan nggak dimakan... :D

      jiahaha, ini lagi muji apa ngece ya (",)'7
      tulisannya disetrika dulu sbelum posting.. :P

      Hapus
  28. wah keren gan speda fixie nya,,sepedanya ramping sob tapi, harganya wow..

    BalasHapus
  29. ijin menyimak azh kang, soalnya ngga mungkin banget ddidesa berbukit gini punya sepeda mahal, takut makenya ....:o)

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. sepeda yang keren deh browww.. jadi pengen beli neh wkekekeke

    BalasHapus
  32. Kunjungan balik... ikut menyimak Sob

    BalasHapus
  33. kapan bisa punya sepeda kayak gitu yah

    BalasHapus
  34. wahh..klo dijepara lagi tren"nya sepeda :)

    BalasHapus
  35. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

► Silahkan di comeng...
► Silahkan mengkritik, tapi dengan bahasa yang sopan.
► No spam, no sara, & no ngece Yaa... !!!


╚══▓▒░► ▄╘IVAN╛▄ ◄░▒▓══╝

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ivan Lionel Andreas Fathurrohman | Bloggerized by Ivan - Blogger | Pancoer Cyber